www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Maluku: Klik Disini | Konfirmasi Berita Maluku: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Komarudin Watubun Ungkap Potensi Besar Indonesia Lewat Buku ...

Posted by On 17.23

Komarudin Watubun Ungkap Potensi Besar Indonesia Lewat Buku ...

Komarudin Watubun Ungkap Potensi Besar Indonesia Lewat Buku 'Maluku: Staging Point RI Abad 21'

Dia mengatakan, titik besar Indonesia bermula di Maluku. Maluku merupakan sejarah peradaban yang besar dengan rempah- rempahnya

Komarudin Watubun Ungkap Potensi Besar Indonesia Lewat Buku 'Maluku: Staging Point RI Abad 21'HandOut/ISTAnggota Komisi II DPR Komarudin Watubun (ketiga dari kiri), Rabu (8/8/2018) pada acara Seminar di Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Komarudin Watubun menuangkan gagasannya soal potensi besar Indonesia di Maluku dalam sebuah buku "Maluku: Staging Point RI Abad 2 1".

Pada peluncuran buku setebal setebal 431 halaman dengan lampiran 16 halaman tersebut, juga digelar diskusi panel dengan melibatkan empat pakar menjadi pembicara.

Para pakar tersebut adalah, Prof. Dr. Azyumardi Azra MA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Willy Aarafah, MA, DBA (Universitas Trisakti), Prof. Drs. Purwo Santoso, MA, PhD (Universitas Gajahmada), Prof. Robertus Wahyudi Triweko, PhD (Universitas Parahyangan Bandung).

Dari gagasannya tersebut, Komarudin menyiratkan optimisme, Indonesia bisa menjadi negara adidaya yang diperhiungkan di dunia.

Letak geografis serta kekayaan sumber daya alam, menjadi modal Indonesia untuk menjadi Negara besar.

“"Indonesia memiliki potensi besar sehingga harus didorong untuk bangkit dan maju. Saat ini adalah merupakan kesempatan yang baik," kata Komarudin Watubun dilansir Antaranews.

Dia mengatakan, titik besar Indonesia bermula di Maluku. Maluku merupakan sejarah perada ban yang besar dengan rempah- rempahnya.

Menurut Komarudin, potensi besar yang dimiliki Indonesia sesungguhnya sudah ada pada sekitar 800 tahun lalu, yakni Maluku yang menjadi perhatian dunia karena memiliki rempah-rempah berkualitas.

“Kami menulis buku Maluku Samtaging Point RI Abad 21 berdasarkan hasil riset 800 tahun lalu kebelakang, dulu Portugal membangun benteng yang menjadi pusat peradaban dunia, seperti Hiroshima, Nagasaki, Hong Kong, Singapura, dan salah satunya di Maluku,” katanya.

Negara-negara di dunia, kata dia, mencari jalan ke Indonesia untuk memperoleh rempah-rempah dan sumber daya alam, sehingga dunia barat membangun jalan transpasifik sedangkan dunia timur membangun jalan sutera.

"Indonesia terhimpit di antara dua kekuatan dunia, sehingga harus bangkit untuk maju," katanya.

Komaridin juga menambahkan Sumber Daya Manusia (SDM) kita sudah cukup banyak yang ahli, namun masih tercerai berai tidak terkordinasi dalam meng elola Sumber Daya Alam.

"Jadi harus kita link antara akademisi dengan konstitusi, lalu konstitusi menjadi pemandu Pemerintahan untuk melaksanakan pembangunan," ujarnya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom Sumber: Antara Ikuti kami di Aniaya dan Bakar FDA Hidup-hidup, Tetangga Ungkap Keseharian Pelaku hingga Sempat Menghilang Sebulan Sumber: Berita Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »