www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pesparani Akan Digelar di Kota Ambon Tanggal 26 Otober Hingga 2 ...

Posted by On 10.26

Pesparani Akan Digelar di Kota Ambon Tanggal 26 Otober Hingga 2 ...

Pesparani Akan Digelar di Kota Ambon Tanggal 26 Otober Hingga 2 November 2018

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) akan digelar di kota Ambon, Maluku pada tanggal 26 Oktober hingga 2 November 2018.

Pesparani Akan Digelar di Kota Ambon Tanggal 26 Otober Hingga 2 November 2018Dok. Humas LPEKNPengurus LP3KN bertemu dengan Menteri Agama beberapa waktu lalu. (Dok. Humas LPEKN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) akan digelar di kota Ambon, Maluku pada tanggal 26 Oktober hingga 2 November 2018. Kegiatan ini akan diikuti sekitar 8.000 peserta dan undangan dari 34 provinsi.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional (LPEKN) Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si, M.Sc, Ph.D dalam rilisnya, Jumat (18/5/2018) mengatakan tujuan Pesparani digelar yakni sebagai bagian tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia, maka umat Katolik melalui Pesparani ingin mempersembahkan karya terbaiknya dibidang seni dan sosial budaya bagi bangsa Indonesia dengan harapan memperkaya khasanah budaya, religi serta menumbuhkembangkan kerukunan dan persaudaraan diantara umat beragama dan masyarakat, terutama kaum muda agar akar nilai-nilai budaya bangsa tetap terjaga .

"Pesparani merupakan suatu aktivitas seni budaya dan kegiatan kerohanian umat Katolik dalam bentuk pagelaran, lomba musik, dan nyanyian liturgi, dengan tujuan mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalam terhadap ibadah dan liturgi gerejani serta mendorong pengembangan seni budaya bernafaskan iman Katolik sebagai salah satu wujud k ekayaan multikulturalisme bangsa Indonesia," ungkap Adrianus Meliala.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, LP3KN akan mengelar Pesparani 2018 di Ambon, Maluku pada tanggal 26 Oktober â€" 2 November 2018.

Untuk melakukan sosialisasi kegiatan ini Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional menurut Adrianus Eliasta Meliala yang didampingi wakil dari LP3KD Provinsi Maluku melakukan audiensi ke Presidium Konferenasi Waligereja Indonesia (KWI)di Gedung KWI, Jl. Cut Mutiah No. 10 Menteng, Jakarta Pusat. Pukul: 08.00 â€" 09.00 WIB.

Setelah itu beraudiensi ke Menteri Agama di Gedung Kementerian Agama, Jl. Lapangan Banteng No. 3-4 Jakarta Pusat, Pukul 10.00 â€" 11.30 WIB, dan dilanjutkan ke Ketua Komisi VIII DPR-RI di Gedung DPR/MPR, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pukul 15.00 â€" 16.00.

“Persiapan Provinsi Maluku sebagai tuan rumah Pesparani tahun ini sudah 95 persen,” ungkap Zeth Sahuburu, Pelakana Tugas Guber nur Ambon yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pesparani 2018.

Dijelaskan Adrianus, pada Rapat Kerja Nasional LP3KN di Bali, pada 10-14 Maret lalu, panitia pelaksana Pesparani 2018 Ambon telah menyatakan kesiapannya.

Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si, M.Sc, Ph.D
Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional (LPEKN) Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si, M.Sc, Ph.D. (Dok. Humas LPEKN)

Para peserta dan undangan akan tinggal di rumah-rumah masyarakat Katolik dan non-Katolik, hingga terciptalah suasana toleransi dan persaudaran se tanah air yang merupakan nilai-nilai dasar bangsa Indonesia

Sementara itu mata lomba yang diadakan adalah 1) paduan suara dewasa campuran, 2) paduan suara dewasa pria, 3) paduan suara dewasa wanita, 4 ) paduan suara anak, 5) paduan suara gregorian dewasa, 6) paduan suara gregorian anak dan remaja.

Saat ini hampir semua Provinsi telah melakukan persiapannya untuk melakukan sosialisasi persiapan Pesparani 2018, LP3KD Maluku bersama LP3KN akan mengadakan serangkaian audiensi pada Jumat, 18 Mei 2018.

Editor: Toni Bramantoro Ikuti kami di Misteri Kaki Menyembul dari Makam Gegerkan Warga di Kediri setelah Digali Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »