www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BNPB: Konstruksi Bangunan Tahan Gempa adalah Kebutuhan ...

Posted by On 01.26

BNPB: Konstruksi Bangunan Tahan Gempa adalah Kebutuhan ...

Gempa di Banten

BNPB: Konstruksi Bangunan Tahan Gempa adalah Kebutuhan Mutlak di Indonesia

Data sementara dampak gempa 6,1 SR terdapat 479 rumah rusak yang terdapat di wilayah Banten dan Jawa Barat.

BNPB: Konstruksi Bangunan Tahan Gempa adalah Kebutuhan Mutlak di IndonesiaTRIBUN/HO/BNPBWarga di kawasan Pandeglang dan Cianjur terdampak gempa di Lebak, Banten, Selasa (23/1/2018). Gempa yang terjadi pada pukul 13.40 WIB tersebut menurut BMKG berpusat di 10 km kedalaman laut sebelah barat daya 81 km dari Lebak, Banten. TRIBUNNEWS/HO/BNPB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kembali gempabumi mengguncang wilayah Indonesia, persisnya berkekuatan 6, 1 SR di laut berjarak 43 km barat daya Kabupaten Lebak Provinsi Banten pada Selasa (23/1/2018) kemarin pada pukul 13.34 WIB.

Data sementara dampak gempa 6,1 SR terdapat 479 rumah rusak yang terdapat di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menilai sebagian besar kerusakan rumah dan bangunan akibat minimnya konstruksi menahan gempa.

Bercermin pada kejadian gempabumi sebelumnya, Sutopo menegaskan konstruksi bangunan tahan gempa adalah kebutuhan yang mutlak di wilayah Indonesia khusus di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Namun kenyataannya masih sangat minim rumah dan bangunan yang dibangun secara khusus mampu menahan gempa.

Akibatnya setiap terjadi gempa dengan kekuatan cukup besar kerusakan bangunan banyak, bahkan menimbulkan korban jiwa.

Baca: Sekjen PDIP Minta Zulkifli Klarifikasi Pernyataan Terkait 5 Partai Setujui LGBT

Sebagai misal, dia mencontohkan, dampak gempa 6,9 SR pada 15/12/2017 lalu menyebabkan 4 orang tewas, 36 orang luka, 8.860 rumah rusak ( 1.160 rusak berat, 1.950 rusak sedang, 5.750 rusak ringan), 99 sekolah rusak, 67 tempat ibadah dan lainnya.

Kerugian dan kerusakan akibat gempa mencapai Rp 250,76 miliar, dimana Rp 228,62 miliar adalah kerusakan dan kerugian di sektor permukiman.

Untuk memulihkan memerlukan Rp 152,5 miliar.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Srihandriatmo Malau Editor: Johnson Simanjuntak Ikuti kami di Beli 6 Donat di Toko Roti di Tangerang, Wanita Ini Ngamuk Dapat 'Item Gaib', Begini Reaksi Karyawan Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »