www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Penyebaran Dokter Belum Merata, doctorShare Prioritas ke ...

Posted by On 14.39

Penyebaran Dokter Belum Merata, doctorShare Prioritas ke ...

Penyebaran Dokter Belum Merata, doctorShare Prioritas ke Indonesia Timur

Lie Dharmawan yang juga pendiri doctorShare tengah menjelaskan program dan filosofi dasar dari doctorShare kepada para simpatisan, relawan, donatur, dan pihak-pihak terkait di Kantorkuu Coworking & Office, Agro Plaza, Jakarta, Kamis (7/12). (/Heri S)

Oleh: heri s / HS | Jumat, 8 Desember 2017 | 05:19 WIB

Jakarta â€" Penyebaran dokter dan tenaga medis di Indonesia masih belum merata. Padahal, masyarakat di daerah terpencil masih sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Untuk itu, layanan kesehatan dan kemanusiaan yang sudah dirintis doctorShare akan lebih memprioritaskan kawasan Timur Indonesia. Demikian disampaikan Pendiri doctorShare dr Lie Dharmawan dalam Perayaan Akhir Tahun 2017 doctorShare, Kamis (7/12) di Jakarta.

Lie menegaskan bahwa ketimpangan jumlah dokter di bagian barat, tengah, dan timur Indonesia sangat besar. Di wilayah barat Indonesia ada 92.741 dokter umum dan 25.226 dokter spesialis, lalu bagian tengah Indonesia memiliki 15.698 dokter umum dan 4293 dokter spesialis. Sedangkan di bagian timur Indonesia baru ada 1472 dokter umum dan 227 dokter spesialis.

“Ini ketimpangan yang begitu besar di negara kepulauan Indonesia yang sangat luas. Untuk itulah kami terjun langsung ke kawasan terpencil dan belum terjangkau karena setiap pribadi manusia Indonesia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Ini dijamin Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Dia menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila menjadi prinsip yang dijunjung tinggi melalui berbagai kegiatan doctorShare. Untuk itu, pihaknya tetap berkomitmen melayani masyarakat miskin yang selama ini belum pernah disentuh layanan medis.
“Masyarakat di kawasan terpencil atau pulau-pulau kecil lainnya sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Kami terus meningkatkan pelayanan ke Indonesia Timur, seperti Papua, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Terkait ketimpangan jumlah dokter tersebut, Lie juga menegaskan tidak sepakat dengan kriteria dari WHO (Badan Kesehatan Dunia) bahwa rasio perbandingan dokter dengan pasien untuk negara berkembang 1:2500, sehingga Indonesia saat ini yang mencapai 1:2250 dinilai sudah lumayan bagus. “Ini saya protes keras bahwa kondisi setiap negara berkembang berbeda-beda. Indonesia negara kepulauan yang cukup besar dan tidak bisa disamakan dengan salah satu negara daratan di Afrika terkait rasio tersebut,” ujarnya.

Untuk diketahui, doctorShare genap berusia delapan tahun dengan berbagai program inovatif berbasis pelayanan kesehatan, seperti Program Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan dan RSA Nusa Waluya I yang berlayar menuju pulau-pulau terpencil dan terluar. K egiatan penyuluhan kesehatan, pengobatan umum, pemeriksaan kehamilan, bedah mayor, dan bedah minor menjadi serangkaian kegiatan saat RSA singgah di satu daerah. Selain ke kawasan Timur, program doctorShare juga sudah beroperasi di Kepulauan Riau (Natuna) serta beberapa daerah lainnya.

Marselina Mieke, relawan dokter yang kemudian menjadi staf tetap doctorShare, mengatakan banyak sekali masyarakat di pulau-pulau terpencil yang belum pernah mendapatkan pelayanan kesehatan. Salah satunya, kata dokter lulusan Universitas Tarumanegara ini, di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.
“Saya mengimbau kepada dokter-dokter yang baru lulus untuk meluangkan sedikit waktunya guna melayanai masyarakat terpencil,” ujarnya.

Selain RSA, doctorShare juga mempunyai program Flying Doctors (Dokter Terbang) yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah yang hanya dapat diakses melalui jalur
udara.



Sumber: BeritaSatu.com ARTIKEL TERKAIT
  • Dokter yang Tembak Istri Pernah Perkosa Karyawati Klinik
  • Kasus Dokter Ancam Pegawai Pakai Pistol Mainan Berujung Damai
  • Lippo-China Merchants Group Jalin Kerja Sama Kesehatan US$ 1 Miliar
  • Aniaya Tukang Parkir, Dokter Lepaskan Tembak an Dibekuk
  • 1 Tarif Tol Naik 2 Kontroversi Yerusalem 3 Krisis di Yaman 4 Panglima TNI 5 Terobosan Industri Properti
    • Hakim Tolak Gugurkan Praperadilan Novanto
    • MA Sebut Praperadilan Novanto Gugur
    • Anies Minta Marbut Masjid Jaga Kesehatan
    • Surat Edaran yang Resahkan Warga Tangerang Dicabut
    • KPK Beberkan Aliran Dana Proyek E-KTP dalam Dakwaan Novanto
    • Dirlantas Minta Dewi Perssik Buktikan Kalau Dikawal
    • Sandiaga: 300 Investor Dubai Tertarik Bangun Rumah DP Nol Rupiah
    • Negara-negara Besar Kecam Keputusan Trump
    • Ini Kata Fadli Zon soal Panglima TNI Baru
    • Andi Narogong Bakal Bantu KPK Bongkar Kasus E-KTP
Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »