www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Optimistis Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045

Posted by On 22.38

Optimistis Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045

Evaluasi Pelatihan APBN-P Tahun 2017 BBPP Lembang di Jogjakarta

JOGJA- Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Ir Bandel Hartopo MSc mengatakan, sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian Kementerian Pertanian, lembaganya memiliki kedudukan strategis dalam penyiapan dan penyediaan SDM pertanian yang kompeten dan profesional.

Menurutnya, SDM pertanian merupakan unsur utama dalam upaya peningkatan produktivitas komoditas pertanian, baik secara kualitas dan kuantitas. “Karena itu kami dituntut kerja keras dalam pengembangan dan inovasi penyelenggaraan pelatihan pertanian agar mampu memberi kontribusi bagi pemecahan persoalan usaha tani yang sangat dinamis,” ujarnya saat ditemui di sela kegiatan Evaluasi Pelatihan APBN-P Tahun 2017 di Inna Garuda Hotel, Jogjakarta, Kamis (14/12/2017).

Evaluasi yang digelar 13-16 Dese mber ini bertujuan mengukur efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan pelatihan APBN-P 2017 yang telah dilakukan BBPP Lembang. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban secara tertulis dan moral kepada publik. Juga sebagai tolok ukur kinerja pelatihan dengan menjaring permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelatihan. Sekaligus menyerap masukan untuk penyempurnaan kegiatan pelatihan yang akan datang.

“Dalam evaluasi ini kami menemukan capaian kinerja dalam penyelenggaraan pelatihan tematik swasembada pangan pada komunitas petani padi, jagung, kedelai, cabai merah, bawang merah, dan kopi. Serta keberhasilan apa yang sudah diraih dan kekurangan yang harus diperbaiki dalam kegiatan mendatang,” papar Bandel.

Bandel optimistis, target Kementerian Pertanian menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045 akan tercapai. “Indikator sudah terlihat, seperti mulai banyak masyarakat yang masuk ke dunia pertanian, penerapan sistem modernisasi, dan pendapatan yang meningkat. Beberapa negara di Asia pun mulai tertarik belajar pertanian di Indonesia,” ujarnya.

Adapun, Evaluasi Pelatihan APBN-P dihadiri 57 delegasi dinas dan instansi di wilayah binaan BBPP Lembang yaitu Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Jawa Tengah. (ita/yog)

Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »