www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hujan Lebat Diprediksi Sambut Natal dan Tahun Baru di Sumbar

Posted by On 23.47

Hujan Lebat Diprediksi Sambut Natal dan Tahun Baru di Sumbar

  • Beranda
  • Peristiwa
Hujan Lebat Diprediksi Sambut Natal dan Tahun Baru di Sumbar
Rabu,20 Desember 2017 - 10:17:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi Hujan Lebat Diprediksi Sambut Natal dan Tahun Baru di Sumbar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Ph.D. saat memberikan keterangan pers, Senin (18/12) di Kantor BMKG. (bmkg)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Pada bulan Desember ini sebanyak 93,27 % wilayah Indonesia memasuki musim hujan dan sisanya 6,73 % masih mengalami musim kemarau yang sifat lokal, seperti di beberapa wilayah Jatim, Bali, NTT, dan NTB, Sulawesi Maluku.

Hal ini diutarakan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Ph.D. saat memberikan keterangan pers, Senin (18/12) di Kantor BMKG.

Dikatakannya, untuk bulan Desember puncak musim hujan terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sementara untuk bulan Januari 2018, puncak musim hujan terjadi wilayah Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara, serta untuk wilayah lainnya di Bulan Februari 2018.

Sementara untuk wilayah Papua, khususnya di bagian tengah sekitar pegunungan Jayawijaya mengalami puncak musim hujan pada Januari 2018.

Dwikorita menegaskan waspada hujan sedang-lebat menjelang natal 2017 dan tahun baru 2018. Berdasarkan hasil analisa BMKG, potensi hujan lebat menjelang natal 2017 dan tahun baru 2018 cukup besar.

Hal ini dikarenakan supply massa udara lembab dari Samudera Pasifik dan Daratan Asia serta dari Samudera Hindia yang terakumulasi di wilayah kepulauan Indonesia sehingga sangat intensif penyebab tingginya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia.

Masyarakat perlu mewaspadai hujan sedang-lebat pada menjelang natal (19-23 Desember 2017) yang terjadi di wilayah A ceh Bagian Barat, Pesisir Selatan Sumatera, Banten, Pesisir Utara jawa, Sulawesi Selatan, NTB, sebagian NTT.

Sementara dalam periode natal 24-26 Desember 2017, hujan sedang-lebat terjadi di Pesisir Selatan Sumatera Utara dan Sumatera Barat, NTB, NTT. Sulawesi Tengah, dan Papua Bagian Tengah

Menjelang tahun baru 2018, 26-31 Desember 2017 potensi hujan sedang-lebat terjadi di Pesisir Utara Jawa, Jateng, Jatim, Kaltara, Sulteng, Maluku.

Pada Awal tahun 1-7 Januari 2018 Konsentrasi hujan sedang-lebat di Aceh, Pesisir Barat Sumatera, Jateng, Yogyakarta, Kaltim, Kaltara, Sulteng, NTT.

Selain itu masyarakat pun harus mewaspadai potensi angin kencang yang dapat mencapai lebih dari 20 knot (lebih dari 36 km/jam) yang berpotensi di beberapa wilayah indonesua meliputi Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Laut Jawa, Laut Banda, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah hingga NTB.

Angin kencang ini berpengaruh pada gelombang tinggi, untuk itu masyarakat perlu mewaspadai gelombang tinggi, seperti di Laut Cina Selatan dan Laut Natuna Utara dengan tinggi gelombang mencapai 6 -7 m.

Pada bulan Desember hingga Januari adalah periode menguatnya pola angin baratan yang membawa dampak pada peningkatan tinggi gelombang sehingga perlu diwaspadai untuk peningkatan tinggi gelombang terutama di wilayah Perairan barat sumatera, Laut Natuna, Laut Jawa, Laut Banda dan Perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar :

  • Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan.
  • Waspada terhadap potensi hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame/baliho tumbang/roboh serta yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil
  • Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.
  • Waspada peningkatan ketinggian gelombang laut yang > 2.5 meter
  • Menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]


Follow @Haluan_
TULIS KOMENTAR BERITA LAINNYA
  • Senin,04 Desember 2017 - 13:49:20 WIB

    Hujan Deras, Sejumlah Bangunan di Mapolres Solok Ambruk

    Hujan Deras, Sejumlah Bangunan di Mapolres Solok Ambruk AROSUKA, HARIANHALUAN.COMâ€"Curah hujan beserta angin dengan intens itas cukup tinggi yang mengguyur kawasan kabupaten Solok sejak dua pekan terakhir, membuat Markas Polisi Resort Solok (Mapolres) Solok di Lubuak Selasih, Naga.
  • Rabu,29 November 2017 - 21:23:53 WIB

    Hujan Deras di Pessel, Jalan Utama Terban

    Hujan Deras di Pessel, Jalan Utama Terban PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Pesisir Selatan sejak tiga hari terakhir, (Senin malam hingga Rabu sore), selain menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik, jalan utama Padang-Pai.
  • Selasa,10 Oktober 2017 - 17:00:30 WIB

    Hujan Lebat Mengakibatkan Jalan di Batangkapas Pessel Terban

    Hujan Lebat Mengakibatkan Jalan di Batangkapas Pessel Terban  PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sejak Senin (9/10) kemarin, mengakibatkan luapan Sungai terjadi di Kampung Jambak, Kenagarian IV Koto Hilir, Kecamatan Batangkapas. Kon.
  • Selasa,10 Oktober 2017 - 13:23:07 WIB

    Hujan Lebat, Banjir di Pasbar Terparah

    Hujan Lebat, Banjir di Pasbar Terparah “Untuk tiga hari ke depan curah hujan akan masih tetap tinggi. Masyarakat diminta untuk tetap waspada, terutama untuk daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor,” Kasi Informasi dan Observasi BMKG, Budi Iman Samiaji.
  • Kamis,21 September 2017 - 19:34:31 WIB

    Dua Hari Diguyur Hujan Lebat, Jembatan Sungai Liku Pessel Ambruk

    Dua Hari Diguyur Hujan Lebat, Jembatan Sungai Liku Pessel Ambruk PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sejak Selasa (19/9) lalu. Mengakibatkan jembatan penghubung antar warga, di Kenagarian Sungailiku, Kecamatan Ranah Pesisir, ambruk. Kam.
Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »