GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Keterlibatan Polisi di Pilkada Maluku Dipermasalahkan

Keterlibatan Polisi di Pilkada Maluku Dipermasalahkan

Keterlibatan Polisi di Pilkada Maluku Dipermasalahkan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Maluku 2018Jumat, 27 Juli …

Keterlibatan Polisi di Pilkada Maluku Dipermasalahkan

Keterlibatan Polisi di Pilkada Maluku Dipermasalahkan

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Maluku 2018

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Maluku 2018 di Gedung MK, Jumat (27/7/2018).

Permohonan diajukan pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut 3, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath.

Henry S Lusikoy, selaku kuasa hukum pemohon perkara Nomor 29/PHP.GUB-XVI/2018 menuding adanya kecurangan yang terjadi pada tahapan Pilkada.

Salah satunya keterlibatan aparat kepolisian, termasuk Wakapolda Maluku yang saat itu dijabat oleh Brigjen Pol Hasanuddin.

"Ada keterlibatan Wakapolda Maluku. Ada kete rlibatan aparat kepolisian, yaitu Wakapolda Maluku dan jajaran di bawahnya," ujar Henry, Jumat (27/7/2018).

Dia menuding, aparat kepolisian turut terlibat saat kampanye pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno. Selain itu, ada pula keterlibatan aparat sipil negara (ASN).

Atas dasar itu, pemohon meminta Mahkamah agar memberikan sanksi berupa pembatalan kemenangan pasangan calon Murad Ismail-Barnabas Orno. Pemohon juga meminta ada pemungutan suara ulang di sejumlah kabupaten.

Sebelumnya, Brigjen Pol Hasanuddin dicopot dari jabatan sebagai Wakapolda Maluku, karena diduga memberikan pengarahan kepada jajarannya untuk melaksanakan pengamanan Pilkada secara serius dan situasi tetap aman, tetapi harus memilih calon gubernur tertentu.

Penulis: Glery Lazuardi Editor: Sanusi Ikuti kami di Kisahnya Viral, Orangtua Bayi di Demak yang Tunggak Biaya RS Rp79 Juta Didatangi Pemerintah Sumber: Berita Maluku

Tidak ada komentar