Jarang Diketahui, Presiden Micronesia Ternyata Orang Maluku

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Jarang Diketahui, Presiden Micronesia Ternyata Orang Maluku

Berita 24 Indonesia
Kamis, 12 Juli 2018
Jarang Diketahui, Presiden Micronesia Ternyata Orang Maluku

presiden micronesia, maluku
Peter M Christian (UN Photos)

Terkini.id â€" Presiden Federal State Of Micronesia (FSM), Peter M Christian, akan berkunjung ke ke Kota Ambon, Maluku, pada 21 Juli 2018 mendatang. Ternyata orang Maluku.

Orang nomor satu negara kepulauan berdaulat di Samudra Pasifik itu, datang dalam rangka memenuhi undangan sebagai tamu negara Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Peter tertarik untuk datang ke Maluku.
Kedatangan ke Maluku, karena Peter ternyata merupakan keturunan Indonesia, tepatnya dari Maluku.

Neneknya adalah orang Maluku. Dia adalah generasi ketiga di Micronesia.

Micronesia sendiri merupakan negara federasi, yang terdiri dari empat negara bagian, mulai dari barat ke timur, yaitu Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae yang tersebar di seluruh Samudera Pasifik Barat.

“Beliau diundang oleh Bapak Presiden. Karena beliau juga memiliki asal-usul dari Maluku, sehingga beliau juga ingin secara khusus mengunjungi Maluku khususnya di Ambon. Rencana kunjungan beliau tanggal 21 Juli 2018 mendatang,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Hamin bin Tahir seperti dilansir dari rakyatmalukucom, Rabu 11 Juli 2018.

Baca :Presiden Jokowi resmikan jalan tol akses tanjung priok

Hal itu disampaikan Hamin kepada wartawan, usai memimpin Rapat Pra Persiapan Kedatangan Presiden Micronesia di Lantai 2 Kantor Gubernur Maluku, Rabu 11 Juli 2018.

Mengenai, siapa saja yang akan mendampingi kedatangan Presiden Micronesia selama kunjungannya ke Maluku, Hamin menjelaskan sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi. Namun segala persiapan terus dimatangkan.

“Kementerian Luar Negeri, ketika ditanya belum menjelaskan secara detail. Nanti akan ada rapat lagi pada har i Jumat 13 Juli 2018 untuk persiapan,” jelas Sekda.

Kuliah Umum

Selama berada di Ambon, lanjut Sekda, Presiden Micronesia akan mengisi Kuliah Umum di Universitas Pattimura (Unpatti) serta mengunjungi home industry.

Baca juga: Cerita Nurdin Abdullah Jadi Tukang Pel Sekolah dan Jualan Batu

Pertimbangan waktu kunjungan yang singkat, maka home-home industry yang akan dikunjungi nanti, menurut Sekda, akan dikonsentrasikan di satu titik untuk efisiensi waktu.

PenulisHasbi ZainuddinSumber: Berita Maluku