www.AlvinAdam.com


Berita 24 Maluku

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

DPP Inkindo Maluku Gelar Musprov

Posted by On 05.48

DPP Inkindo Maluku Gelar Musprov

AMBON,beritaLima.com,- DEWAN Pimpinan Provinsi (DPP) Ikatan Konsultan Nasional Indonesia (Inkindo) Maluku menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) di Kota Ambon. Kegiatan berlangsung di SwissbelHotel. Ambon, Selasa (7/12/2017). Musprov tersebut sekaligus akan menetapkan Ketua DPP Inkindo Maluku periode 2017.
Kegiatan ini dihadiri langsung Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Nasional Inkindo, Ir. Erie Heryadi. Sekjen dalam kesempatan tersebut menyatakan, Inkindo sebagai asosiasi konsultan nasional turut serta berperan bertanggungjawab dalam keberhasilan proses pembangunan, baik ditingkat nasional maupun ditingkat daerah.

“Dalam memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan di Maluku,”ujar Sekjen.

Diharapkan, Inkindo Maluku dapat bermitra, bersinergi dengan berbagai pihak yang terkait, baik pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, maupun masyarakat Maluku secara luas. Serta meningkatkan kerjasama an tar konsultan anggota Inkindo sendiri.

“Pada tanggal 18-19 2016 di sulawesi Tengah, INKINDO menyelenggarakan Munassus untuk perubahan AD/ART INKINDO, dengan harapan meletakkan kembali dasar-dasar organisasi serta lebih aspiratif dan antisipatif terhadap dinamika perkembangan lingkungan yang strategis, baik pada tingkat nasional, internasional dan menjawab tantangan dunia usaha dalam era globalisasi,”terang Sekjen.
Terlebih kata Sekjen, dalam era globalisasi ini, sudah menjadi tantangan tersendiri bagi konsultan Indonesia, khususnya anggota Inkindo baik ditingkat nasional mapun daerah. Dimana, para angota harus mempersiapkan diri menatap pasar baru yang lebih luas.
Kemudian ekonomi harus diciptakan, guna mempersiapkan diri menghadapi babak baru perekonomian di ASEAN, sehingga seluruh anggota tidak hanya menjadi konsultan lokal yang berpartisipasi, namun dapat turun mengambil peran penting didalamnya.
“Terkait hal tersebut, INKINDO telah melakukan langkah-lan gkah organisasi baik yang bersifat internal maupun eksternal,”papar Sekjen.
Kegiatan internal yang dilkauan Inkindo saat ini adalah, bekerjasama dengan Kementerian PUPR untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan tenaga ahli, sehingga dapat menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang berkompeten dan berasifat profesional serta bersertifikat. Sementara kegiatan eksternal yang dilakukan Inkindo adalah dengan menjalin hubungan kerjasama antar Negara untuk mengembangkan usaha jasa konsultasi anggotanya.

Tempat yang sama, Gubernur Maluku yang diwakili Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Maluku, Anwar Kottahatuhaha mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku menerima dan menyambut baik kehadiran Inkindo di bumi raja-raja tersebut. keberadaan Inkindo kata Anwar, kedepan bisa menjadi mitra kerja yang baik dalam hal bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam merencanakan dan merumuskan rencana pembangunan di wilayah maluku.

“Dengan harapan forum ini dapa t memberikan suatu perubahan dan kemajuan bagi pengurus dan anggota Inkindo Maluku , dalam upaya berperan serta dalam pembangunan yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan di masa-masa yang akan datang,”ucapnya.
Tempat yang sama, Ketua DPP Inkindo Maluku, Ir. Ony F. Rumihin, MM, MT sebelum menyampaikan maksud kegiatan itu, dirinya sempat menyampaikan ungkapan terimakasihnya secara khusus kepada insan pers yang hadir saat itu.
“Mewakili teman-teman Inkindo Maluku, kami ucapkan terimakasih kepada teman-teman media yang bisa hadir, itu berarti teman-teman ini cukup memberikan atensi buat kiprah teman-teman Inkindo di maluku,”ungkap Rumihin.
Katanya, Berkaitan dengan kegiatan Musprov hari ini, lebih mengarah pada kebijakan organisasi dan pemilihan formatur ketua.
“Kita berharap kedepan ini Inkindo semakin siap bersinergi dengan pemerintah daerah. Dan menyiapkan draf sehingga sesuai dengan UU Nomor 2 tahun 217 tentang jasa konstruksi,”
Harapan tersebut bertujuan, agar mudah terbuka peluang pemerintah daerah dalam hal membuat sebuah kebijakan. Sehingga kedepan nantinya, Inkindo dapat duduk bersama-sama dengan pemrintah daerah, dan membicarakan persoalan pembangunan di daerah, baik provinsi kabupaten/kota yang ada di daerah kepulauan ini.
“Ini momen bagus. Mungkin lewat pak kepala biro ini nanti menyampaikan ke pak gubernur sehingga setelah ini kita akan duduk bersama membuat kebijakan mungkin melebihi berpihak ya pada teman-teman Inkindo di Maluku,”papar Rumihin
Kedepan sambung Rumihin, Inkindo akan membuat kerjasama dengan pemerintah daerah, bukan saja dengan pemerintah provinsi, namun juga dengan kabupaten/kota. Karena di dalam AD/ART yang baru disahkan, telah memberikan peluag bagi pengurus Inkindo untuk dapat membangun koordinasi dengan pemerintah ditingkat kabuten/kota.
“Kita diberikan peluang untuk membuat kerjsama dengan pemrintah daerah di tingkat kabupaten/kota,”jelas Rumihin.(Mukaddar).

Post Views: 50Sumber: Google News | Berita 24 Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »